Jonru


Jonru, dikenal pula dengan nama Jonru Ginting, bernama asli Jon Riah Ukur lahir di Kabanjahe, Karo, Sumatera Utara, 7 Desember 1970; umur 46 tahun) adalah seorang penulis, pelatih penulis, narablog, dan pengusaha yang dikenal karena usaha self publishing dapurbuku.com dan proyek Sekolah Menulis Online. Selain itu ia juga pendiri Penulislepas.com, Belajarmenulis.com, dan Ajangkita.com.

Ini adalah nama Suku Batak Karo; Marga tokoh ini adalah "Ginting".
Jon Riah Ukur
Lahir Jon Riah Ukur
7 Desember 1970  Kabanjahe, Karo, Sumatera Utara
Nama pena Jonru
Jonru Ginting
Pekerjaan Penulis
Narablog
Pengusaha
Kewarganegaraan Indonesia
Pasangan hidup Hendra Yulianti
Anak Alifia Rasyida Ginting
Muhammad Syafiq Ibrahim Ginting
Hanna Meutia Hafizha Ginting
www.jonru.com



Pendidikan
Ia lulus dari Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang, tahun 1998.

Kehidupan pribadi

Jonru menikah dengan Hendra Yulianti pada tahun 2003 dan dikaruniai 3 orang anak bernama Alifia Rasyida Ginting, Muhammad Syafiq Ibrahim Ginting, dan Hanna Meutia Hafizha Ginting. Saat Jonru kecil, keluarganya berpindah agama mengikuti ayahnya.

Penghargaan

Atas kegiatannya menulis dan menjadi narablog, ia mendapat dua penghargaan, yaitu:

Pemenang I Lomba Cipta Cerpen Anita Cemerlang tahun 1994.
Juara Tahunan (Super Blog) Internet Sehat Blog Award 2009.

Aktivitas politik

Selama Pilpres 2014, Jonru aktif mengkritisi capres Joko Widodo dan mendukung Prabowo Subianto. Ia mendeskripsikan Prabowo sebagai sosok yang ramah, membumi, apa adanya, dan sangat santai.[butuh rujukan] namun di sisi lain, ia juga mengakui kelebihan Jokowi yang dianggapnya mau bekerja. Ia juga menyatakan suatu saat ingin bertemu Jokowi.

Kontroversi

Selama dan pasca pilpres 2014, Jonru menjadi sasaran keisengan pengguna media sosial yang membuat seolah nama Jonru menjadi lema (entry) dalam kamus besar bahasa Indonesia yang berarti "memfitnah atau menjelekkan nama orang lain" oleh Rivan Heriyadi. Diketahui bahwa Ahmad Sahal juga berkicau hal serupa dengan menyatakan menjonru berarti "menghalalkan fitnah kepada orang yang tidak disukai." Atas perbuatan ini, Jonru melaporkan keduanya ke Polda Metro Jaya atas perbuatan mencemarkan nama baik,

0 komentar:

Posting Komentar